Senin, 22 September 2008

Analisa Pengumpulan Dana

Analisa Pengumpulan Dana
(hal ini sempat di bahas melalui YM antara mandala, erie, sandy, dan david)
diharapkan teman2 yang lain dapat memberikan masukan demi kepentingan bersama

Pegumpulan dana yang paling efektif dilakukan di masa sekarang ini adalah melalui transfer melalui ATM.

Permasalahan dan alternatif Solusi:
Siapa yang akan memegang rek. Banknya (dalam hal ini a.n siapa rek ini dibuat)?
Rek. Bank akan dipegang oleh Bendahara tentunya, karena untuk apa ada bendahara kalau Rek. Yang megang orang lain.
Mengenai atas nama, memang pastinya atas nama bendahara, tapi untuk menjaga kecurigaan yang tidak diinginkan ada baiknya rek. dibuat atas nama lebih dari satu pemegang, sehingga dalam proses transaksi perlu ada lebih dari satu orang yang tanda tangan, karena kepemilikannya lebih dari satu orang (hal ini tentunya lebih aman dan saling menjaga bukan? Bagaimana, apakah ada usulan konsep mengenai permasalahn pertama ini?)


Bank mana yang akan di jadikan sebagai tempat dikumpulkannya dana? (mengingat ada 2 bank raksasa yang sangat bersaingan dalam hal ini, yakni Mandiri dengan ATM bersamanya V.S BCA yang jaringannya sudah sangat kuat, karena setau saya untuk pemegang atm mandiri kesulitan kalau harus transfer via ATM ke BCA, begitu juga sebaliknya)
rek akan dibuat di dua bank raksasa ini, Mandiri dan BCA
karena dalam susunan kabinet, bendaharnya khan ada 2 jadi bisa pegang masing2 satu rek.


Bagaimana proses report untuk transparansi kepada rekan2 terhadap dana yang terkumpul?
proses report akan dilakukan mingguan dan bulanan
akan dilakukan melalui millist, atau dapat juga dilakukan dalam bentuk blog seperti yang dilakukan bpk david dalam mencantumkan photo2 buka puasa bersama (bagaimana bapak david, apa bisa dibantu nantinya dlam prose report kepada rekan2, atau ini harusnya pekerjaan sekretaris ya?)


Saya harap untuk permasalahan ini teman2 yang lain dapat memberikan masukan demi kepentingan bersama, bukan apa2 kalau sudah menyangkut dana agak sensitif khan, untuk menjaganya di awal lebih baik disusun konsepnya dengan matang. Mungkin kalau ratusan ribu masih ga ada masalah, tapi begitu angkanya mencapai puluhan juta dan mencapai target kita Rp 100.000.000,00 bisa jadi macam2 kecurigaannya, mohon maaf sebelumnya kalau saya mengutarakan hal ini, ini demi kepentingan bersama. Terima kasih.

Salam Hormat
Kabinet 42 bersatu
Bersatu dalam Meraih Kebersamaan, Kebersamaan dalam mencapai Kemajuan, Kemajuan Bangsa INDONESIA tercinta... Kita Bisa!!!, Yes We CAN!!!

1 komentar:

Rachmat-Hidayat mengatakan...

Pak Mandala Yth,

Kalau bisa targetnya jangan Rp.100.000.000,- dong, tapi Rp.1.000.000.000,- supaya kita bisa mendirikan lembaga LSM yang bergerak di bidang Sosial dan Pendidikan, kita bisa request dana dari EU, USAID, AUSAID, NZAID, dkk. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan.

Salam Hangat